Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.



 
IndeksSelamat DatangLatest imagesPendaftaranLogin
Forum
Similar topics
May 2024
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Clock

 

  Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor

Go down 
2 posters
PengirimMessage
GM_leopart
VIP
VIP
GM_leopart


Jumlah posting : 70
Join date : 24.10.10
Age : 31
Lokasi : PADANG

 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Empty
PostSubyek: Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor    Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor I_icon_minitimeMon Oct 25, 2010 10:05 am

Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada foto, bahwa CR mesin mobil Timor DOHC S515i adalah 9.3 : 1

Enlarge this imageReduce this image Click to see fullsize
 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Image006xx9
Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil timor tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 92, yaitu bensin Pertamax.Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking) . Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.
Enlarge this imageReduce this image Click to see fullsize
 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Image007nk6
Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih bertenaga. Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.Kesimpulan:

  • Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
  • Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
  • Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
  • Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Solusi Alternatif :
Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:

  • Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
  • Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
  • Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
  • Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya) .
Banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.

Enlarge this imageReduce this image Click to see fullsize
 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Bensin

Tabel Bahan Bakar Sepeda Motor Yamaha Sesuai Rasio Kompresi

Enlarge this imageReduce this image Click to see fullsize
 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Rasio




ini langkah nya yg w plajari BROW .....!!!
kalo kurang tepat loeee tanya aja ke w langsunbg ...ok ok BROW ...!!
Kembali Ke Atas Go down
gilo
2nd Lt. Grade 1
2nd Lt. Grade 1
gilo


Jumlah posting : 82
Join date : 24.10.10

 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor Empty
PostSubyek: Re: Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor    Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor I_icon_minitimeMon Oct 25, 2010 11:58 pm

kurang ngerty aq gan..............?




 Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor 538460  Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor 100559  Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor 538460
Kembali Ke Atas Go down
 
Memilih Bahan Bakar Sesuai Rasio Kompresi Motor
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Irit Bahan Bakar Motor
»  Mengintip Modifikasi Motor Thailand- modifikasi motor honda, gambar modifikasi motor, cara modifikasi motor, satria fu modifikasi
»  perbedaan motor bensin dan motor disel

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: |F.K.B| Berita Terbaru :: Otomotif-
Navigasi: